Senin, 10 Oktober 2011

5 Kebiasaan Buruk Dan Jorok yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Standard
Apakah anda mempunyaI kebiasan buruk??..kalau ada, sebaiknya jangan anda hilangkan semuanya..karena kebiasaan buruk anda belum tentu merugikan diri anda sendiri..

Ketika anda melakukan sesuatu yang buruk maupun jorok sekalipun,anda mungkin akan berpikir bahwa hal itu tidaklah baik untuk kesehatan. namun tidak semua kebiasaan yg menurut anda jorok itu tidak ada gunanya untuk kesehatan kita..berikut 5 kebiasaan buruk yang bermanfaat untuk kesehatan:

1. Kentut
Kentut merupakan suatu respon tubuh yang selalu terjadi pada setiap harinya. kebayakan orang mungkin merasa malu apabila melakukan aktivitas ini di tempat umum, apalagi kalau di tambah bau yang menyengat di sertai suara yang nyaring..kentut terkadang tidak bisa kita prediksi, bisa terjadi kapan saja tanpa memandang tempat dan waktu..pas lagi di dalam kelas,lagi  pacaran, lagi pidato, lagi berenang, bahkan lagi makan sekalipun bisa muncul hasrat ingin kentut..hehee.. 
tetapi, sebenarnya kentut itu merupakan kebutuhan dan hasrat natural dalam tubuh kita.menyegarkan anus karena letak anus yg ditengah dan tersembunyi hampir tidak pernah kena angin. Coba bayangin aja letak anus udah sempit, gelap, keringetan, lembab, sering kejepit ama pantat apa lagi yg badannya gemuk seperti kebo dan pantatnya gede bayangin aja klo ga sering disiram sama udara bakalan lembab dan baunya amit-amit. mengundang bakteri. Kalo kita sering kentut maka kita bisa meminimalkan datangnya bakteri yg disebabkan lembab, keringetan dan bau yg astaganaga.
Menahan kentut dapat berakibat pada perut kembung, mules, panas dalam, masuk angin, gangguan pencernaan dan kejang otot perut. ..orang-orang sering mendengar istilah bahwa, kentut itu kalau di keluarkan malu, di tahan jadi penyakit..kalau sudah Tahu kenapa masih di tahan?!!..heheee..tinggal pilih saja apakah anda memilih malu atau terkena penyakit yang berbahaya.

2. Sendawa
Sendawa ini sering terjadi Ketika kita selesai makan, biasanya karena kita terlalu kekenyangan dan kadang saat masuk angin juga kita sering bersendawa. suaranya pun beraneka ragam.. ..mulai dari kecil sampai dengan full bass..heheee…kebanyakan orang menganggap bahwa Sendawa itu adalah tindakan yang kurang sopan, namun sebenarnya ini juga adalah hasrat alami tubuh kita bila ada tekanan udara didalam perut.
Menahan sendawa dapat menyakitkan tenggorokan anda dan tentunya akan mengakibatkan gangguan di perut. Perbedaan tekanan udara di perut dengan kondisi diluar tubuh akan menimbulkan sendawa. oleh karena itu jangan malu- malu untuk bersendawa…hihii

3. Ngupil
Kalo lagi melamun sambil dengerin dosen ngoceh-ngoceh didepan kelas kayaknya asyik banget kalo sambil ngupil apalagi kalau upil kita kita lempar ke orang lain…hehee..kita terkadang mengupil bisa pake jari telunjuk atau jari kelingking atau jari jempol sekalian( itu juga kalau lubang hidung udah gede karena keseringan ngupil).. Ngupil dianggap hal yang kurang sopan banget bila dilakukan ditempat umum.
Tetapi sebenarnya ngupil itu penting bagi kesehatan pernafasan dan hidung kita. Sebab udara yang kotor disekitar kita akan membuat hidung kita menjadi kotor, agar kembali fresh maka ngupil adalah langkah yang tepat. Bila kita tidak mengupil maka kotoran di hidung akan lengket dan kering, akibatnya akan sakit untuk dibersihkan. Akibat lain adalah udara yang anda hirup menjadi kurang bersih karena banyak kotoran yang menghadang bulu2 hidung sebagai penangkap kotoran dan debu.

4. Meludah
Meludah juga merupakan tindakan yang jorok dan kurang sopan apalagi bila dilakukan sembarangan.. di tambah lagi kalau kita meludah mengenai orang lain bisa-bisa badan kita benjol-benjol karena di pukulin orang tersebut..
apabila liur yang berlebih didalam mulut anda tidak dibuang atau ditelan maka juga tidak baik bagi kesehatan anda. Sebab liur berfungsi sebagai pembasah mulut dan penangkap kuman dan bakteri jahat di mulut.. bila liur ditelan maka kuman akan masuk kedalam lambung dan bisa mengakibatkan anda sakit perut. Maka meludah adalah solusi yang tepat bila anda kelebihan liur dimulut, tetapi buanglah dengan cara yang sopan dan tidak sembarangan… dan jangan sengaja dikumpulkan sebelum diludah.

5. Menguap
Menguap ditempat umum sambil menganga lebar seperti singa kelaparan di siang bolong memang terlihat kurang sopan… apalagi pas naik motor, berbahaya karena bisa kemasukan binatang..hehee..
Menguap adalah respon tubuh kita saat kekurangan oksigen atau mengantuk karena kelelahan. Paru-paru kita akan menghirup udara sebanyak-banyaknya untuk mengambil oksigen dengan cara menguap. Menguap tidak boleh ditahan, bila ditahan maka anda akan mudah lelah dan berbahaya bagi tubuh anda. Menguap juga berfungsi untuk melemaskan syaraf-syaraf otak, itulah sebabnya kenapa sehabis menguap kita pasti keluar air mata.. jadi menguap itu sama pentingnya dengan melemaskan otot sehabis bangun tidur. Saat menguap, tutuplah dengan tangan anda dan jangan berbunyi dengan keras supaya anda tidak malu pada saat anda menguap, tetapi apabila anda tidak punya rasa malu…silahkan saja anda menguap sebesar-besarnya…hehee

0 komentar:

Posting Komentar